Kamis, 24 September 2015

Komunikasi menjaga hubungan dengan para konsumen

Salah satu hal yang sangat penting agar kita bisa terus menjaga hubungan dengan para konsumen adalah menjaga komunikasi yang baik dengan mereka. Hubungan yang baik akan membuat bisnis kita tetap lancar dan para konsumen tetap setia dengan produk atau jasa yang kita tawarkan.
Berikut adalah beberapa cara berkomunikasi yang baik dengan para konsumen setia dan menjaga kepercayaan konsumen terhadap bisnis Anda.

Jangan Pernah Berpikir bahwa Konsumen adalah Target Penjualan

Membangun hubungan yang baik dengan konsumen setia lebih penting jika dibandingkan dengan menjadikan mereka target penjualan. Jika hubungan sudah baik, maka produk atau jasa apapun yang kita tawarkan akan terima dengan baik oleh mereka.

Jangan Selalu Menawarkan Produk atau Jasa Ketika Berbincang dengan Konsumen

Berjualan memang kewajiban, namun jangan batasi percakapan dengan terus menerus menawarkan produk atau jasa Anda. Cobalah untuk berbicara hal yang lain yang menurut Anda bisa memberi manfaat dan dampak yang baik untuk para konsumen setia. Dengan tidak melulu berjualan, konsumen akan lebih dekat dan lebih percaya dengan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Konsumen Setia adalah Sahabat

Jadikan konsumen setia sebagai sahabat Anda. Bersahabat dengan konsumen tentu akan sangat bermanfaat dan akan membuat rasa percaya antara Anda dan konsumen menjadi lebih besar. Bila Anda sudah bersahabat dengan mereka itu artinya Anda wajib memberi solusi yang baik untuk mereka.

Jadilah Pendengar Terbaik untuk Konsumen Setia

Menjadi pendengar terbaik artinya Anda harus siap mendengarkan apapun yang mereka sampaikan. Biasanya mereka akan berbicara tentang apa yang sedang mereka hadapi dan juga yang sedang mereka butuhkan. Setelah mendengarkan dengan baik, beri solusi terbaik yang sesuai dengan kebutuhannya.

Utamakan ‘Emotional Benefit’ saat Berkomunikasi dengan Konsumen

Memberi solusi kepada masalah yang sedang dihadapi oleh konsumen memang sangat disarankan, namun Anda harus ingat bahwa biasanya mereka juga akan mempertimbangkan dan membandingkan solusi yang Anda berikan dengan solusi yang diberikan oleh orang lain. Karena itulah penting untuk Anda untuk mengutamakan ‘emotional benefit’ saat berkomunikasi dengan konsumen.

Menepati Janji yang Sudah Anda Buat

Salah satu kunci sukses menjaga komunikasi dengan konsumen setia adalah selalu menepati janji yang sudah Anda buat. Berusalah untuk selalu menepati janji Anda karena jika sedikit saja Anda ingkar janji, mereka akan beralih dan hal ini tentu akan mengganggu bisnis anda

Tidak ada komentar:

Posting Komentar